Rabu, 11 Oktober 2023

JURNAL DWI MINGGUAN MODUL 3.3

 

Jurnal Refleksi Dwi mingguan modul 3.3 

Model 4F



1.     Facts  (Fakta)

Modul 3.3 pengelolaan program yang berdampak positif pada murid kami mulai pada tanggal 12 Oktober 2023. Kegiatan awal yang dimulai dengan mulai dari diri dengan menjawab beberapa pertanyaan pemantik seperti 1. Apa kegiatan/programnya yang pernah cgp alami? 2. Siapa yang memprakarsai atau menggagas program tersebut? 3. Berperan sebagai apa Ibu/Bapak saat itu? 4. Bagaimana perasaan Ibu/Bapak saat itu? Beberapa pertanyaan yang membuat kami menjadi flashback pada masa sekolah dulu. Selanjutnya saya masuk ke bagian ekplorasi konsep mandiri, saya diberikan kasus 9 kondisi dan situasi untuk di pahami bagaimana menganalisa kepemimpinan murid dan kaitannya dengan profil pelajar pancasila, suara (voice), pilihan (choice), dan kepemilikan (ownership) murid dalam konsep kepemimpinan murid, serta lingkungan yang mendukung tumbuhkembangnya kepemimpinan murid  dan pentingnya melibatkan komunitas untuk mendukung tumbuhnya kepemimpinan murid.



2.              Feeling (Perasaan)

Perasaan saya senang karena saya bias mempelajari materi baru yang selama ini sudah sering saya hadapi namun belum terkelola dengan baik. Kasus kasus yang diberikan dalam modul dan kondisi yang di paparkan memang sangat terkait dengan keseharian guru guru. Modul dalam pembelajaran guru penggerak ini sangat related dengan kondisi pendidikan di Indonesia umumnya dan di daerah saya khususnya. Jadi saya merasa seperti berkaca dengan problem yang saya hadapi dengan pandangan  yang berbeda yang selama ini saya jalani

 

 

 

3.              Finding (Pembelajaran)

Pembelajaran  yang  saya dapatkan pada minggu ini memahami tentang kepemimpinan murid (Student Agency). Agency sendiri berasal dari bahasa Inggris yang diartikan sebagai kapasitas seseorang untuk mempengaruhi fungsi dirinya dan arah jalannya peristiwa melalui tindakan yang dibuatnya.

Student agency adalah Kemampuan murid untuk mengarahkan pembelajaran mereka sendiri, membuat pilihan-pilihan, menyuarakan opini, mengajukan pertanyaan dan mengungkapkan rasa ingin tahu, berpartisipasi dan berkontribusi pada komunitas belajar, mengkomunikasikan pemahaman mereka kepada orang lain, dan melakukan tindakan nyata sebagai hasil proses belajarnya. 

Empat sifat inti dari human agency yaitu intensi (kesengajaan), Visi (cara pandang), Aksi (kereaktifan diri), dan refleksi. 

7 lingkungan yang menumbuhkembangkan kepemimpinan murid

·     Lingkungan yang menyediakan kesempatan untuk murid menggunakan pola pikir positif dan merasakan emosi yang positif.

·     Lingkungan yang mengembangkan keterampilan berinteraksi sosial secara positif, arif dan bijaksana, di mana murid akan menjunjung tinggi nilai-nilai sosial positif yang berbasis pada nilai-nilai kebajikan yang dibangun oleh sekolah

·     Lingkungan yang melatih keterampilan yang dibutuhkan murid dalam proses pencapaian tujuan akademik maupun non-akademiknya.

·     Lingkungan yang melatih murid untuk menerima dan memahami kekuatan diri, sesama, serta masyarakat dan lingkungan di sekitarnya.

·     Lingkungan yang membuka wawasan murid agar dapat menentukan dan menindaklanjuti tujuan, harapan atau mimpi yang manfaat dan kebaikannya melampaui pemenuhan kepentingan individu, kelompok, maupun golongan

·     Lingkungan yang menempatkan murid sedemikian rupa sehingga terlibat aktif dalam proses belajarnya sendiri

·     Lingkungan yang menumbuhkan daya lenting dan sikap tangguh murid untuk terus bangkit di tengah kesempitan dan kesulitan

Suara, pilihan dan kepemilikan adalah kapasitas diri yang dimiliki oleh kepemimpinan murid dalam proses pembelajarannya.

 

4. Future (Perubahan)

Perubahan yang akan saya lakukan adalah saya akan mengimpementasikan materi yang saya dapatkan / pelajari. Selanjutnya mulai mengubah pola dengan menjadikan murid sebagai pemimpin proses pembelajarannya dan mengambil posisi sebagai mitra dalam proses mengkondisikan lingkungan yang menjadikan murid bertumbuh menjadi kepemimpinan murid

Tidak ada komentar:

Posting Komentar